Senin, 28 Maret 2011

HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI RSUP Dr. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG TAHUN 2009


KATA PENGANTAR
                        Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan revisi karya tulis ilmiah ini.
                        Revisi karya tulis ilmiah ini kami buat sebagai salah satu pemenuhan syarat memperoleh nilai akhir semester enam pada mata pelajaran Muatan Lokal.
                        Banyak hal yang menjadi kendala dalam penyusunan revisi karya tulis ilmiah ini, mulai dari yang bersifat intern sampai kepada hal yang bersifat ekstern.
                        Namun hal itu tidak membuat penyusun surut dalam menyelesaikannya, ini semua berkat bantuan dan do’a dari berbagai pihak-pihak yang terkait. Maka sewajarnya penyusun mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Kepala SMA Negeri 12 Makassar atas binaannya;  Ibu Dra. Herlina Sulaiman atas bimbingannya; guru-guru SMA Negeri 12 Makassar atas saran dan bantuannya; serta teman-teman dari XII IPA 1 SMA Negeri 12 Makassar atas bantuan dan kerjasamanya selama ini; dan juga semua pihak yang belum kami sebutkan dan telah membantu dalam penyusunan karya tulis ilmiah ini.
                        Kami menyadari bahwa dalam revisi karya tulis ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan. Olehnya itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.
                                                                        Makassar, 28 Februari 2011
Perevisi





LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis ilmiah yang berjudul HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG PALEMBANG TAHUN 2009 yang telah disusun oleh APRIYANTI mahasiswi Akademi Kebidanan Budi Mulya Palembang, dan telah direvisi ulang oleh:
Nama             : MASYITA ARSYAD
Kelas              : XII IPA 1
NIS                 : 9935279138
Sekolah         : SMA Negeri 12 Makassar



                                                                        Makassar, 28 Februari 2011
Mengetahui                                                   Guru Pembimbing
Kepala SMA Negeri 12 Makassar             Muatan Lokal
                                                                                                             


Drs. ABBAS PANDI, M.A                            Dra. HERLINA SULAIMAN
NIP. 19541231 198303 1 231                    NIP. 19621018 198603 2 012



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR                                                                                  1
LEMBAR PENGESAHAN                                                                         2
DAFTAR ISI                                                                                                  3
ABSTRAK                                                                                                    5
BAB I PENDAHULUAN                                                                             7
A.     Latar Belakang                                                                                      7
B.     Rumusan Masalah                                                                                9
C.    Tujuan Penelitian                                                                                  10
D.    Manfaat Penelitian                                                                                10
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA KONSEP        12
A.     Tinjauan Pustaka                                                                                  12
1.    Pengertian                                                                                        12
2.    Klasifikasi BBLR                                                                             13
3.    Etiologi                                                                                              14
4.    Tanda dan Karakteristik BBLR                                                     15
5.    Penatalaksanaan                                                                            16
6.    Fakto-Faktor yang Memengaruhi Bayi dengan
Berat Badan Lahir Rendah yang Diteliti                                      18
7.    Penelitian Terkait                                                                            20
8.    Prognosis Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah                 21
9.    Pencegahan BBLR                                                                         21
B.     Kerangka Konsep                                                                                 23
C.    Definisi Operasional                                                                             24
BAB III METODE PENELITIAN                                                                27
A.     Desain Penelitian                                                                                 27
B.     Populasi Penelitian                                                                              27
C.    Sampel Penelitian                                                                                28
D.    Lokasi dan Waktu Penelitian                                                              29
E.     Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data                                       29
F.     Teknik Pengumpulan Data                                                                  30
G.    Teknik Analisis Data                                                                            31
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN                                                      32
A.     Hasil Penelitian                                                                                     32
B.     Pembahasan                                                                                         37
a.    Kejadian BBLR                                                                                38
b.    Hubungan antara Pendidikan Ibu Bersalin dengan
Kejadian BBLR                                                                                38
c.    Hubungan antara Paritas Ibu Bersalin dengan
Kejadian BBLR                                                                                39
BAB V PENUTUP                                                                                       41
A.     Kesimpulan                                                                                            41
B.     Saran                                                                                                      42
DAFTAR PUSTAKA                                                                                   43
BIODATA PENULIS                                                                                   45

Abstrak
Menurut perkiraan World Health Organization (WHO) pada tahun 1995 hampir semua (98%) dari 5 juta kematian neonatal do Negara berkembang atau berpenghasilan rendah. Lebih dari dua pertiga kematian adalah BBLR yaitu berat lahir kurang dari 2500 gram. Secara global diperkirakan terdapat 25 juta persalinan per tahun dimana 17% diantaranya adalah BBLR dan hampir semua terjadi di Negara berkembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dan paritas ibu bersalin dengan kejadian BBLR di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009. Diharapkan dari analisis faktor-faktor tersebut dapat dijadikan masukan bagi institusi pelayanan kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini merupakann penelitian menggunakan cross sectional yang dikumpulkan dalam waktu bersamaan dengan menggunakan check list. Uji statistik yang dipakai adalah uji chi-square. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling dari populasi yang berjumlah 3.139 ibu yang melahirkan. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui variabel independen pendidikan dan paritas dan variabel dependen (BBLR). Data dianalisa dengan analisa univariat yaitu distribusi frekuensi variabel independen dan dependen serta analisa bivariat menggunakan uji statistik chi square dengan tingkat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan 355 responden didapatkan responden ibu yang BBLR sebesar 100 (28,2%) responden dan ibu yang melahirkan tidak BBLR sebesar 225 (71,8%) responden sedangkan berdasarkan pendidikan ibu yang pendidikan tinggi sebesar 180 (50,7%) dan pendidikan rendah sebesar 175 (49,3%). Sehingga paritas tinggi sebesar 35,8% dan paritas rendah sebesar 228 (64,2%). Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang bermakna pendidikan ibu dengan kejadian BBLR dimana nilai p value 0,002 lebih kecil α = 0,05 dan adanya hubungan yang bermakna antara paritas ibu terhadap kejadian BBLR dimana nilai p value = 0,008 lebih kecil dari α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa responden yang melahirkan BBLR dari responden yang cara penanggananya lebih baik. Bagi petugas kesehatan agar selalu memberikan penyuluhan mengenai kejadian berat badan lahir rendah, sehingga dapat menggurangi angka kejadian BBLR.












BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) didefinisikan oleh WHO sebagai bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gr .Definisi ini berdasarkan pada hasil observasi epidemiologi yang membuktikan bahwa bayi lahir dengan berat kurang dari 2500 gram mempunyai kontribusi terhadap kesehatan yang buruk.Menurunkan insiden BBLR hingga sepertiganya menjadi salah satu tujuan utama “ A World Fit For Children” hingga tahun 2010 sesuai deklarasi dan rencana kerja United Nations General Assembly Special Session on Children in 2002. Lebih dari 20 juta bayi diseluruh dunia (15,5%) dari seluruh kelahiran, merupakan BBLR di Asia adalah 22% (Rahayu,2009).
Salah satu indikator untuk mengetahui derajat kesehatan masyarakat adalah Angka Kematian Bayi (AKB). Angka Kematian Bayi di Indonesia saat ini masih tergolong tinggi, yaitu tercatat 50 per 1000 kelahiran hidup pada tahun 2003, ini memang bukan gambaran yang indah, karena masih terbilang tinggi bila di bandingkan dengan negara– negara di bagian ASEAN, dan penyebab kematian bayi terbanyak adalah karena gangguan perinatal. Dari seluruh kematian perinatal sekitar 2 -27% disebabkan karena BBLR. Sementara itu, prevelensi BBLR di Indonesia saat ini di perkirakan 7 14% yaitu sekitar 459.200-900.000 bayi (Depkes RI, 2005). World Health Organization (WHO) 1979, telah membagi umur kehamilan menjadi tiga kelompok yaitu : 1) Pre-term yaitu kurang dari 37 minggu (259 hari), 2)Term, yaitu mulai 37 minggu sampai 42 minggu atau unur antara 259-293 hari, 3) Post-term, yaitu lebih dari 42 minggu (294 hari) (Manuaba,2007).
Begitu juga menurut perkiraan World Health Organization (WHO) pada tahun 1961 telah mengganti istilah Premature baby dengan low birth weight baby (bayi dengan berat badan lahir rendah = BBLR). Hal ini dilakukan karena tidak semua bayi berat kurang dari 2500 gram pada waktu lahir bayi premature. Keadaan ini dapat di sebabkan oleh : 1) masa kehamilan kurang dari 37 minggu dengan berat yang sesuai (masa kehamilan dihitung mulai dari hari pertama haid yang teratur ; 2) bayi small for gestational age (SGA) : bayi yang kurang dari berat badan yang semestinya menurut masa kehamilannya (kecil untuk masa kehamilan = KMK); 3) kedua-duanya (pernyataan 1 dan 2) (Sarwono,2006).
Bila diperhatikan di Indonesia, berdasarkan Survei Demografi dan kesehatan Indonesia (SDKI) 2002-2003, angka kematian neonatal sebesar 20 per 1000 kelahiran hidup dalam 1 tahun, ada satu neonatus meninggal. Penyebab utama kematian neonatal adalah BBLR sebanyak 29%. Insiden BBLR di Rumah Sakit di Indonesia berkisar 20% (Eka ,2009).
Berdasarkan Data Dinas Kesehatan Sumatera Selatan tahun (2008), Angka Kematian Ibu (AKI) di Sumatera Selatan berada pada angka 107 per 100.000 kelahiran hidup. Hampir mencapai target sasaran yang akan dicapai Provinsi Sumatera Selatan pada Indonesia Sehat 2010.
Menurut Data Dinas Kesehatan Kota Palembang, Angka Kematian Bayi (AKB) pada tahun 2007 yaitu per 1000 kelahiran hidup, pada tahun 2008 4 per 1000 kelahiran hidup dan pada tahun 2009 sekitar 2 per 1000 kelahiran hidup (Dinkes Kota Palembang, 2010).
Dari data Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang, angka kejadian BBLR pada tahun 2007 adalah 142 kasus BBLR dari 3.337 bayi yang dilahirkan pada tahun 2008 adalah 233 kasus BBLR dari 2439 bayi yang dilahirkan dan pada tahun 2009 sebesar 313 kasus BBLR dari 2.400 bayi yang dilahirkan (Medical Record,2009). Oleh karena itulah, berdasarkan latar belakang diatas dan dengan adanya data yang ada, Maka penulis ingin melakukan penelitian dengan judul “ Hubungan antara Pendidikan dan Paritas Ibu Bersalin denganKejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009.

B.    RUMUSAN MASALAH
1.    Apakah ada hubungan antara pendidikan dan paritas ibu bersalin dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Rumah Sakit Umum Pusat Dr.Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009 ?
2.    Bagaimana hubungan antara pendidikan dan paritas ibu bersalin dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Rumah Sakit Umum Pusat Dr.Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009 ?

C.    TUJUAN PENELITIAN
1.    Tujuan Umum
Untuk mengetahui hubungan antara pendidikan dan paritas ibu bersalin dengan kejadian bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2009.
2.    Tujuan Khusus
a.    Diketahuinya hubungan antara pendidikan ibu bersalin dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2009.
b.    Diketahuinya hubungan antara paritas ibu bersalin dengan kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009.

D.    MANFAAT PENELITIAN
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi : Ruangan Kebidanan
1.    Bagi mahasiswa/peneliti
Penelitian ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan khususnya tentang Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan sebagai pengalaman proses belajar dalam bidang Metodologi Penelitian.

2.    Bagi industri pendidikan
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah kepustakaan dan pengetahuan serta untuk meningkatkan mutu pendidikan yang berguna bagi mahasiswa Akademi Kebidanan Budi Mulia Palembang.

3.    Bagi Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang
Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dalam program kesehatan reproduksi untuk menurunkan angka kejadian Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan perbaikan mutu pelayanan kebidanan.







BAB II
TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA KONSEP

A.     TINJAUAN PUSTAKA
1.    Pengertian
Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah kelahiran bayi dengan berat badannya kurang dari 2500 gram (Manuaba,2007)
Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah bila berat badannya kurang dari 2500 gram (sampai dengan 2499 gram). Bayi yang dilahirkan dengan BBLR umumnya kurang mampu meredam tekanan lingkungan yang baru sehingga dapat mengakibatkan pada terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan, bahkan dapat menggangu kelangsungan hidupnya (Prawirohardjo, 2006).
BBLR adalah bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram tanpa memandang usia masa kehamilan. BBLR biasa terdiri atas BBLR kurang bulan atau bayi lahir prematur dan BBLR cukup bulan / lebih bulan dengan hambatan pertumbuhan intrauterine (IUGR). BBLR kurang bulan / premature khususnya yang masa kehamilannya, biasanya mengalami penyulit seperti gangguan nafas, ikterus, infeksi dan sebagainya,yang apabila tidak dikelola sesuai dengan standar pelayanan medis akan berakibat fatal. Sementara BBLR yang cukup / lebih bulan pada umumnya organ tubuhnya sudah matur sehingga tidak terlalu bermasalah dalam perawatannya (Purwanto,2009).
Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) ialah bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari 2.500 gram (sampai dengan 2.499 gram) (Hanifa,2006).

2.    Klasifikasi BBLR
Bayi BBLR dapat diklasifikasikan berdasarkan umur kehamilan dan berat badan lahir rendah, yaitu :
§  Menurut Hanifa (2006), WHO (1979) membagi umur kehamilan menjadi tiga kelompok, yaitu:
a.    Pre-term: kurang dari 37 minggu lengkap (kurang dari 259 Hari)
b.    Term: mulai dari 37 minggu sampai kurang dari 42 minggu lengkap( 259- 293 hari ).
c.    Post-term: 42 minggu lengkap atau lebih ( 294 hari atau lebih).
§  Menurut Sarwono Prawiharjo (2006) , diklasifikasikan berdasarkan berat badan waktu lahir, yaitu:
a.    Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), yaitu bayi yang lahir dengan berat lahir 1.500-2.500 gram
b.    Berat Badan Lahir Sangat Rendah (BBLSR), yaitu bayi yang lahir dengan berat lahir <1.500 gram.
c.    Berat Badan Lahir Ekstrem Rendah (BBLER), yaitu bayi yang lahir dengan berat lahir <1.000 gram
§  Menurut Ayurai (2009), bayi dengan berat badan lahir rendah dapat dibagi menjadi dua golongan :
a.    Pramunitas murni
Prematuritas murni adalah neonatus dengan usia kehamilan kurang dari 37 minggu dan mempunyai berat badan yang sesuai dengan masa kehamilan atau disebut juga neonatus preterm / BBLR / SMK (sesuai masa kehamilan).
b.    Dismaturitas
Dismaturitas adalah bayi lahir dengan berat badan kurang dari berat badan seharusnya untuk masa kehamilan, dikarenakan mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan.

3.    Etiologi
Menurut Manuaba (2007), faktor- faktor yang dapat menyebabkan kejadian BBLR, yaitu:
a.    Faktor ibu: riwayat kelahiran premature sebelum, perdarahan antepartum, hipertensi, umur kehamilan kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun, jarak dua kehamilan yang terlalu dekat, infeksi,trauma dan lain-lain.
b.    Faktor janin: cacat bawaan, kehamilan ganda, hidramnion, ketuban pecah dini.
c.    Keadaan social ekonomi yang rendah.
d.    Kebiasaan: pekerjaan yang melelahkan, merokok.
Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dapat disebabkan karena ; Persalinan kurang bulan / premature dan bayi lahir kecil untuk masa kehamilan. Pada umumnya bayi kurang bulan disebabkan tidak mempunyai uterus menahan janin, gangguan selama kehamilan, lepasnya plasenta lebih cepat dari pada waktunya atau rangsangan yang memudahkan terjadinya kontraksi uterus sebelum cukup bulan. Bayi lahir kurang bulan mempunyai organ dan alat tubuh yang belum berfungsi normal untuk bertahan hidup diluar rahim. Semakin muda umur kehamilan, fungsi organ tubuh semakin kurang sempurna dan prognosisnya semakin kurang baik.
Kelompok Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) ini sering mendapatkan penyakit atau komplikasi akibat kurang matangnya organ karena masa gestasi yang kurang / premature (Kulah kebidanan,2009).

4.    Tanda dan Karakteristik BBLR
Menurut Manuaba (1998), tanda dan karakteristik BBLR, yaitu :
1.    Berat badan < 2.500 gram
2.    Panjang < 45 cm
3.    Lingkar dada < 30 cm
4.    Lingkar kepala < 33 cm
5.    Umur kehamilan < 37 cm
6.    Kepala relative lebih besar
7.    Kulit tipis transparan, rambut lanugo masih banyak, lemak kulit kurang
8.    Otot hipotonik lemah
9.    Pernapasan tak teratur dapat terjadi apnoe (gagal napas)
10. Ekstremitas ; paha abduksi, sendi lutut / kakai flexi lurus
11. Kepala tidak mampu tegak
12. Pernapasan sekitar 45 menit– 50 kali per menit
13. Frekuensi nadi 100 -140 kali per menit

5.    Penatalaksanaan
a.    Penatalaksanaan BBLR
Mengingat belum sempurnanya kerja alat-alat tubuh yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan dan penyesuian diri dengan lingkungan hidup diluar uterus maka perlu diperhatikan pengukuran suhu lingkungan, pemberian makan dan bila perlu pemberian oksigen, mencegah infeksi, serta mencegah kekurangan vitamin dan zat besi. Penanganan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.    Pengaturan suhu bayi: Mempertahankan suhu BBLR dengan cara pemanasan, dapat dilakukan dengan membungkus bayi dan meletakkan botol-botol hangat disekitarnya atau memasang lampu petromaks di dekat tempat tidur bayi. Dikarenakan BBLR mudah mengalami hipotermi, oleh sebab itu suhu tubuhnya harus dipertahankan dengan ketat
2.    Makanan bayi: pada bayi BBLR belum sempurnanya refleks isap. Oleh sebab itu pemberian nutrisi harus dilakukan dengan cermat. Pada keadaan ini air susu ibu dipompa atau dengan cara diberi susu botol cara pemberian melalui susu botol adalah dengan frekuensi pemberian yang lebih sering dalam jumlah susu yang lebih sedikit. Frekuensi pemberian ini makin berkurang dengan bertambahnya berat badan bayi, susunya dapat diganti dengan susu buatan yang mengandung lemak yang mudah dicerna bayi, dan mengandung 20 kalori per 30 ml air atau sekurang-kurangnya bayi mendapat 110 kal/kg berat badan Perhari.
3.    Penimbangan ketat: Perubahan berat badan mencerminkan kondisi bayi dan erat kaitannya dengan daya tahan tubuh, oleh sebab itu penimbangan berat badan harus dilakukan dengan ketat pada setiap hari.
b.    Penatalaksanaan untuk Bayi Kecil Untuk Masa Kehamilan
Pada umumnya sama dengan perawatan neonatus pada umumnya, seperti pengaturan suhu lingkungan, makanan, mencegah infeksi dan lain- lain, akan tetapi oleh karena bayi ini mempunyai problematik yang agak berbeda dengan bayi lainnya maka harus diperhatikan hal-hal berikut ini.
a.     Pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan janin intra uterine serta menemukan gangguan pertumbuhan misalnya dengan pemeriksaan ultrasografi. Bila bayi lahir melakukan pemeriksaan yang lebih lengkap dan kemudian sesuai dengan kelainan yang didapat.
b.     Memeriksa kadar gula darah (true glukosa) dengan destrostix atau di laboratorium. Bila terbukti adnya hipoglikemia harus segera diatasi.
c.      Pemeriksaan hematokrit dan mengobati hiperviskositasnya.
d.     Bayi membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan dengan bayi normal.

6.    Faktor-Faktor yang Memengaruhi Bayi dengan Berat Bada Lahir Rendah yang Diteliti
a.    Pendidikan
Pendidikan adalah suatu kegiatan atau proses pelajaran untuk mengembangkan atau meningkatkan pengetahuan tertentu sehingga sasaran pendidikan itu dapat berdiri sendiri (Notoatmodjo,2005).
Berdasarkan tingkat pendidikan ibu dapat dijelaskan bahwa terdapat kecenderungan terhadap kematian bayi yang jumlahnya lebih banyak pada ibu yang memiliki tingkat pendidikan rendah (SD) hingga tidak sekolah),namun dalam uji korelasi tidak terdapat hubungan yang bermakna (Hartono dkk, 2006).
Pendidikan banyak menentukan sikap dan tindakan dalam menghadapi berbagai masalah misalnya membutuhkan vaksinasi untuk anaknya, memberi oralit waktu menceret misalnya kesedian menjadi peserta keluarga, termasuk pengaturan makanan bagi ibu hamil untuk mencegah timbulnya bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) bahwa ibu mempunyai peranan yang cukup penting dalam kesehatan dan pertumbuhan, akan dapat ditunjukan oleh kenyataan berikut, anak- anak dan ibu mempunyai latar belakang. Pendidikan lebih tinggi akan mendapat kesempatan hidup serta tumbuh kembang yang baik (Rahayu, 2008).
b.    Paritas
Paritas adalah jumlah anak yang dilahirkan oleh seorang ibu baik lahir maupun lahir mati.
Paritas yang tinggi akan berdampak pada timbulnya berbagai masalah kesahatan baik bagi ibu maupun bayi yang dilahirkan. Salah satu dampak kesehatan yang mungkin timbul dari paritas yang tinggi adalah berhubungan dengan kejadian BBLR. Sebagaimana hasil penelitian menunjukan bahwa ibu dengan paritas tinggi secara merata terdistribusi pada kelompok kasus dan control (50%) yang memberi interprestasi bahwa paritas yang tinggi tidak mempengaruhi kesehatan ibu sehingga melahirkan dengan berat lahir yang cenderung normal.

7.    Penelitian Terkait
a.    Pendidikan
Berdasarkan hasil penelitian Sudiyem (2007), hasil analisis univariat, diketahui jumlah ibu yang berpendidikan tinggi sebanyak 134 atau 37,5% dan yang berpendidikan rendah sebanyak 223 (62,5%). Berdasarkan analisis bivariat, diketahui ibu yang berpendidikan rendah terdapat 115 (51,6%) yang mengalami kejadian BBLR dan dari 223 ibu yang berpendidikan tinggi terdapat 29 (21,6%) yang mengalami kejadian BBLR.
b.    Paritas
Berdasarkan hasil penelitian Melly Astuti (2008), hasil analisis univariat didapatkan ibu yang memiliki paritas tinggi sebesar 246 responden (71,1,%) dan pada ibu yang memiliki paritas rendah sebesar 100 responden (28,9%).Dari hasil Uji Chi-Square menunjukan ada hubungan bermakna antara paritas ibu bersalin dengan kejadian BBLR.

8.    Prognosis Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah
Prognosis bayi dengan berat badan lahir rendah ini tergantung dari berat ringannya masalah perinatal, misalnya masa gestasi (makin muda masa gestasi/ makin rendah berat badan bayi makin tinggi angka kematian), asfiksia, /iskemia otak, sindroma gangguan pernafasan, perdarahan intra ventrikuler, dislasia bronkopulmonal, retrorental fibroplasias, infeksi, gangguan metabolic, (asidosis, hipoglikemia, hiperbilirubinemia). Prognosis ini juga tergantung keadaan sosial ekonomi, pendidikan orangtua dan perawatan saat kehamilan, persalinan, dan postnatal (pengaturan suhu lingkungan, resusitasi, makanan, mencegah infeksi, mengatasi gangguan pernafasan, asfiksia, hiperbilirubinemia, hipoglikemia).

9.    Pencegahan BBLR
Menurut Israr (2008), pada kasus berat lahir rendah (BBLR) pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
a.    Meningkatkan pemeriksaan kehamilan secara berkala minimal 4 kali selama kurun waktu kekamilan dan dimulai sejak umur kehamilan muda. Ibu hamil yang diduga beresiko, terutama faktor resiko yang mengarah melahirkan bayi BBLR harus cepat dilaporkan, dipantau dan dirujuk pada institusi pelayanan kesehatan yang lebih mampu.
b.    Memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu-ibu hamil untuk merawat dan memeriksakan kehamilan dengan baik dan teratur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga dapat menanggulangi masalah ibu hamil resiko tinggi sedini mungkin untuk menurunkan resiko lahirnya bayi berat badan lahir rendah.
c.    Hendaknya ibu dapat merencanakan persalinannya pada kurun reproduksi sehat ( 20-34 tahun ).
d.    Perlu dukungan sektor lain yang terkait untuk turut berperan dalam mereka dapat meningkatkan akses terhadap pemanfaatan pelayanan antenatal dan status gizi ibu selama hamil.







B.    KERANGKA KONSEP
HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI RSUP Dr. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG TAHUN 2009
VARIABEL-VARIABEL
VARIABEL BEBAS:
PENDIDIKAN DAN PARITAS IBU BERSALIN
VARIABEL TERIKAT:
KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR)
VARIABEL KONTROL:
RUMAH SAKIT UMUM PUSAT Dr. MOHAMMAD HOESIN
PALEMBANG TAHUN 2009
HIPOTESIS:
Hi= ADA HUBUNGAN BERMAKNA ANTARA PENDIDIKAN DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI RUMAH SAKIT PUSAT Dr. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG TAHUN 2009
Ho= TIDAK ADA HUBUNGAN BERMAKNA ANTARA PENDIDIKAN DAN PARITAS IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN BERAT BADAN LAHIR RENDAH (BBLR) DI RUMAH SAKIT PUSAT Dr. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG TAHUN 2009
METODOLOGI
ANALISIS DATA
KESIMPULAN
HASIL
 





















Kerangka konsep penelitian pada dasarnya adalah kerangka hubungan antara konsep–konsep yang ingin diamati atau diukur melalui penelitian–penelitian yang akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional yaitu suatu penelitian dimana variabel dependen (BBLR) dan variable independen (Pendidikan dan Paritas Ibu Bersalin) dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan (Notoatmodjo,2005).
Mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan yang dimiliki oleh peneliti, maka peneliti hanya mengambil 2 (dua) variabel diteliti, yaitu variabel independen diantaranya pendidikan dan paritas ibu bersalin serta variabel dependen dengan BBLR. Adapun penelitian ini secara skematis dapat digambarkan seperti dibawah ini :
Bagan 2.1
Kejadian BBLR
Paritas
Pendidikan
 





C.    DEFINISI OPERASIONAL
a.    Variabel Dependen
1.    Pengertian : Bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari 2500 gram (Sarwono, 2007).
2.    Cara ukur : Melihat catatan rekam medik
3.    Alat ukur : Check List
4.    Hasil ukur :
1)    BBLR : Bila berat bayi lahir < 2500gr
2)    Tidak BBLR : Bila berat bayi lahir ≥ 2500gr
b.    Variabel Independen
1.    Pendidikan
a.     Pengertian : Suatu kegiatan atau proses pembelajaran untuk mengembangkan atau meningkatkan pengetahuan
tertentu sehingga sasaran pendidikan itu dapatberdiri sendiri (Notoatmodjo,2005).
b.     Cara ukur : Rekam Medik
c.      Alat ukur : Check List
d.     Hasil ukur :
1.    Tinggi : Bila pendidikan ibu ≥ SMA Sederajat
2.    Rendah : Bila pendidikan < SMA / Sederajat
e.     Skala ukur : Ordinal
2.    Paritas
a.     Pengertian : Jumlah anak yang telah dilahirkan oleh seorang ibu baik lahir hidup maupun lahir mati (Joeharno,2008).
b.     Cara ukur : Melihat catatan rekam medik
c.      Alat ukur : Check List
d.     Hasil ukur :
1.    Paritas Tinggi : > 3 orang anak
2.    Paritas Rendah : ≤ 3 orang anak
e.     Skala ukur : Ordinal



















BAB III
METODE PENELITIAN

A.     Desain Penelitian
Penelitian adalah upaya untuk memahami dan memecahkan masalah secara ilmiah, sistematis dan logis, yang mana di dalam penelitian ini menggunakan metode surve analitik dengan pendekatan “Cross Sectional“ pada waktu pengumpulan data variabel dependen dan independen dilakukan dalam waktu yang bersamaan (Notoatmodjo, 2005).
Pada penelitian ini variabel independen yang diteliti adalah pendidikan dan paritas sedangkan variabel dependen adalah Berat Badan Lahir Rendah (BBLR).

B.    Populasi Penelitian
Populasi adalah keseluruhan objek penelitian atau objek yang diteliti (Notoatmodjo, 2005). Populasi pada penelitian ini adalah semua ibu yang melahirkan di Instalasi Kebidanan pada bulan Januari sampai dengan Desember Tahun 2009 di Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2010.



C.    Sampel Penelitian
Sampel adalah sebagian yang diambil dari keseluruhan populasi dianggap mewakili seluruh populasi (Notoatmodjo, 2005). Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik Sampel Random Sampling.
Untuk menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus  sebagai berikut :

  ( Notoatmodjo, 2005 )
 

 

 

 

n=355
Jadi sampel yang diteliti dan diambil sebanyak 355 sampel
Keterangan :
N = Besar populasi
n = Besar sampel
d = Tingkat kepercayaan/ketepatan yang diinginkan (0.05%)
(Notoatmodjo, 2005)

D.    Lokasi dan Waktu Penelitian
a.    Lokasi Penelitian
Lokasi penelitian ini dilakukan pada ruang Medikal Record Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009.
b.    Waktu Penelitian
Waktu penelitian ini direncanakan pada bulan Desember 2010.

E.     Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data
a.    Teknik Pengumpulan Data
Data Sekunder
Data sekunder adalah data yang didapat dari suatu lembaga atau instansi (Notoatmodjo, 2005). Data sekunder diambil dari catatan                                        medical record Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2009.
b.    Instrumen Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data digunakan Check List sebagai panduan mengambil data dari “Medical Record” di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009.

F.     Teknik Pengumpulan Data
Agar analisis penelitian menghasilkan informasi yang benar ada empat tahapan dalam pengolahan data yang harus dilalui. Data yang telah terkumpul kemudian diolah baik secara manual maupun dengan menggunakan komputer dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Pengeditan Data (Editing)
Memeriksa semua yang diperoleh dari kegiatan mengumpulkan data dan diteliti satu persatu untuk mengetahui apakah data tersebut sudah lengkap, jelas, relevan dan konsisten.
b.    Mengkode data (Coding)
Mengklarifikasi data dan memberi kode untuk masing-masing jawaban dengan tujuan untuk mempermudah dan mempercepat pada saat memasukan data ke komputer.
c.    Memasukkan data (Processing)
Setelah semua Check List ke tabulasi penuh dan benar, juga sudah melewati pengkodean, selanjutnya dilakukan pemprosesan data (memasukkan data) agar dapat dianalisis. Pemprosesan data dilakukan dengan cara memasukkan data dari Check List kedalam program komputer.
d.    Membersihkan data (Cleaning Data)
Merupakan kegiatan pembersihan data dengan cara pengecekan kembali data yang sudah masuk kedalam komputer dengan cara yang umum dilakukan, yaitu melihat distribusi frekuensi dari variabel-variabel.

G.    Teknik Analisis Data
Data diolah dan dianalisis dengan teknik-teknik tertentu, yaitu dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif, melalui proses komputerisasi. Dalam pengolahan ini mencakup tabulasi data dan perhitungan-perhitungan statistik bila diperlukan uji statistik :
a.    Analisis Univariat
Analisis univariat adalah analisis yang dilakukan untuk melihat distribusi frekuensi baik dari varibael independen maupun variabel dependen
b.    Analisis Bivariat
Analisa bivariat adalah analisis yang dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variabel independen dengan dependen dengan menggunakan uji statistik Chi–Square dengan menggunakan batas kemaknaan α ≤ 0,05 artinya apabila diperoleh nilai p≤0,05 berarti secara signifikan ada hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen dan jika nilai p > 0,05 berarti tidak ada hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.     Hasil Penelitian
1.    Analisis Data
a.    Analisis Univariat
Analisa ini untuk mengetahui distribusi frekuensi dan persentase dari tiap variabel independen (pendidikan dan paritas) dan variabel dependen (kejadian BBLR). Data distribusi dalam bentuk tabel dan teks yang akan diuraikan sebagai berikut :
1.    Variabel Dependen
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kejadian BBLR dimana hasil penelitian dapat dilihat pada tabel 4.1 berikut ini.
Tabel 4.1
Distribusi Frekuensi Berdasarkan Kejadian BBLR di RumahSakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang
Tahun 2009
No
Kejadian BBLR
Frekuensi
Presentase
1
BBLR
100
28,2
2
Tidak BBLR
255
71,8

Jumlah
355
100,0

Dari tabel 4.1 didapatkan ibu yang melahirkan BBLR sebesar 100 responden (28,2%) dan ibu yang melahirkan tidak BBLR sebesar 255 responden (71,8%).

2.     Variabel Independen
a.    Pendidikan Ibu
Penelitian ini dilakukan pada 355 responden, dimana pendidikan dibagi menjadi dua kategori, yaitu tinggi (bila ≥ SMA) untuk lebih jelas dari hasil dapat dilihat pada tabel 6.2 dibawah ini.
Tabel 4.2
Distribusi Frekuensi Responden Berdasarkan Pendidikan Ibu Bersalin di Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009
No.
Pendidikan
Frekuensi
Presentase
1
Tinggi
180
50,7
2
Rendah
175
49,3

Jumlah
355
100,0
Dari tabel 4.2 diatas pendidikan tinggi sebesar 180 responden (50,7%) dan pendidikan rendah sebesar 175 responden (49,3%).

b.    Paritas Ibu Bersalin
Penelitian ini dilakukan pada 355 responden, dimana paritas ibu bersalin dibagi menjadi dua kategori, yaitu tinggi dan rendah yang akan diuraikan pada tabel 4.3 di bawah ini :
Tabel 4.3
Distribusi Frekuensi Responden Berdasarkan Paritas Ibu Bersalin di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009
No
Paritas
Frekuensi
Presentase
1.
Tinggi
127
35.8
2.
Rendah
228
64.2

Jumlah
355
100.0
Dari tabel 6.3 diatas menunjukan responden dengan paritas tinggi 127 responden (35.8% )dan paritas rendah sebesar 228 responden (64.2%).

b.    Analisi Bivariat
Analisis ini dilakukan untuk mengetahui hubungan variabel independen yaitu pendidikan, dan paritas dengan variabel dependen yaitu kejadian BBLR. Penelitian dilakukan untuk melihat apakah ada hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen, dengan menggunakan uji ChiSquare nilai = 0,05 dan df = 1, bila p Value 0,05 ada hubungan yang bermakna jika p Value > 0,05 berarti tidak ada hubungan yang bermakna.
1.    Hubungan antara pendidikan dengan kejadian BBLR
Dari analisis hubungan Pendidikan dan kejadian BBLR diperoleh hasil sebagai berikut :
Tabel 4.4
Distribusi Frekuensi Hubungan Antara Pendidikan Dengan Kejadian BBLR di Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009:
No.
Pendidikan
Kejadian BBLR
Jumlah
Kemaknaan
BBLR
¹ BBLR
n
%
n
%
N
%
1.
Tinggi
37
20.6
143
79.4
180
100
0,002 (Bermakna)
2.
Rendah
63
36.0
112
64.0
175
100

Jumlah
100

255

355


Dari tabel 4.4 diatas dapat dilihat bahwa proporsi responden yang mempunyai pendidikan tinggi yang melahirkan BBLR lebih besar dibandingkan dengan responden yang pendidikannya rendah yang melahirkan BBLR yaitu 37 orang (20,6%) dan 63 orang (36,0%)
Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan ujiChi-Square didapatkan nilai P value = 0,002 lebih kecil dari = 0,05 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara pendidikan responden dengan kejadian BBLR. Sehingga hipotesa yang menyatakan ada hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan kejadian BBLR terbukti.
2.    Hubungan antara paritas dengan kejadian BBLR
Dari analisis hubungan Paritas dan kejadian BBLR diperoleh hasil sebagai berikut :
Tabel 4.5
Distribusi Frekuensi Hubungan Antara Paritas Ibu Bersalin Dengan Kejadian BBLR di Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009
No.
Pendidikan
Kejadian BBLR
Jumlah
Kemaknaan
BBLR
¹ BBLR
N
%
n
%
N
%
1.
Tinggi
47
37.0
80
63.0
127
100
0,008 (Bermakna)
2.
Rendah
53
23.2
175
76.8
228
100

Jumlah
100

255

355


Dari tabel 4.5 diatas dapat dilihat bahwa proporsi responden yang mempunyai paritas tinggi yang melahirkan BBLR lebih besar dibandingkan dengan responden yang paritas rendah yang melahirkan BBLR yaitu 47 orang (37,0%) dan 53 orang (23,2%).
Berdasarkan uji statistik dengan menggunakan uji Chi-Square didapatkan nilai p Value = 0,05 lebih kecil dari = 0,05 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara paritas responden dengan kejadian BBLR. Sehingga hipotesa yang menyatakan ada hubungan yang bermakna antara paritas ibu bersalin dengan BBLR terbukti.

B.    Pembahasan
Pada bab ini akan dibahas pada penelitian yang ditunjang dari beberapa teori pada ahli yang telah diuraikan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional dan hanya terbatas antara variabel independen (Pendidikan dan paritas) dan variabel dependen (kejadian BBLR) dengan menggunakan uji statistikC hi- Square. Sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling dari populasi yang berjumlah 3.139 ibu yang melahirkan. Banyaknya sampel ditentukan dengan formula n = N/1+N(d)2 sehingga didapatkan sampel sebanyak 355 ibu yang melahirkan di Rumah Sakit Umum Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2009 dan data dikumpulkan dengan menggunakan Check List.
Selanjutnya data yang telah dikumpulkan diolah dan dilakukan analisis data univariat dan bivariat, dengan menggunakan sistem komputerisasi sehingga pada analisis univariat didapatkan daftar distribusi frekuensi dari masing-masing variabel. Sedangkan pada analisis bivariat dilakukan dengan uji Chi-Square untuk menguji hipotesis.

a.    Kejadian BBLR
Dalam penelitian ini, kejadian BBLR dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok responden melahirkan BBLR (< 2500 gram) dan tidak BBLR (≥ 2500 gram). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa distribusi responden berdasarkan kejadian BBLR diperoleh 100 orang (28,2%) sedangkan tidak BBLR yaitu 255 orang (71,8%).

b.    Hubungan antara Pendidikan Ibu Bersalin dengan Kejadian BBLR
Dari uji statistik dengan menggunakan ujiChi-Square menunjuukan ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu bersalin dengan kejadian BBLR di mana nilai p Value 0,002 lebih kecil dariα = 0,05 sehingga dapat simpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan kejadian BBLR.
Hasil penelitian ini sama dengan hasil penelitian yang dilakukan Sudiyem (2007), dirumah sakit umum pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2008. Bahwa ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan kejadian BBLR. Hal ini dikarenakan oleh pendidikan ibu yang rendah.

c.    Hubungan antara Paritas Ibu Bersalin dengan Kejadian BBLR
Dari uji statistik dengan menggunakan ujiChi-Square menunjuukan ada hubungan yang bermakna antara paritas ibu bersalin dengan kejadian BBLR di mana nilai p Value 0,008 lebih kecil dariα = 0,05 sehingga dapat simpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara paritas ibu dengan kejadian BBLR.
Hasil penelitian ini sama dengan hasil penelitian yang dilakukan Melly Astuti (2008), dirumah sakit umum pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2009. bahwa ada hubungan yang bermakna antara Paritas ibu dengan kejadian BBLR. Hal ini dikarenakan oleh Paritas seseorang ibu maka semakin beresiko terjadinya komplikasi kehamilan.
Menurut Sarwono (2007), paritas tinggi (> 3 anak) mempunyai angka kematian maternal, lebih tinggi dibanding dengan kematian maternal pada paritas rendah (≤ 3 anak). Pada paritas rendah, risiko kematian maternal dapat dicegah dengan asuhan obstetrik lebih baik. Sedangkan risiko pada paritas tinggi dapat dikurangi atau dicegah dengan keluarga berencana.
Hasil penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2009, sejalan dengan penelitian Melly Astuti (2008), yang menjelaskan bahwa penelitian tersebut ada kesamaan dimana ibu mempunyai paritas tinggi lebih banyak melahirkan BBLR. Hal tersebut dimungkinkan alat– alat reproduksi yang sudah menurun, dan sel– sel otot yang mulai melemah sehingga ibu memiliki paritas tinggi dengan kejadian BBLR.

















BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.     Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2009 dapat disimpulkan bahwa:
1.    Responden ibu bersalin yang mengalami BBLR sebesar 100 responden (28,2%) ibu dan yang melahirkan tidak BBLR sebesar 255 responden (71,8%).
2.    Ada hubungan yang bermakna antara pendidikan ibu dengan kejadian BBLR pada ibu bersalin di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2009 nilai p Value = (0,002) lebih kecil dari α = 0,05 (α = 0,05) sehingga hipotesa yang menyatakan ada hubungan yang bermakna antara pendidikan dengan kejadian BBLR terbukti.
3.    Ada hubungan yang bermakna antara paritas ibu dengan kejadian BBLR pada ibu bersalin di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin Palembang tahun 2009 nilai p Value = (0,008) lebih kecil dari α = 0,05 (α = 0,05) sehingga hipotesa yang menyatakan ada hubungan yang bermakna antara paritas dengan kejadian BBLR terbukti.


B.    Saran
a.    Bagi Petugas Kesehatan
Diharapkan dapat meningkatkan mutu serta pelayanan dengan lebih efektif dalam memberikan pelayanan dan penyuluhan kesehatan terutama tentang kejadian BBLR.
b.    Bagi Industri Pendidikan
Diharapkan dapat menunjang penulisan karya tulis ilmiah ini guna meningkatkan mutu pendidikan, menyarankan agar mahasiswa sebelum menentukan judul sebaiknya menentukan masalah yang layak dan relevan untuk diteliti.
c.    Bagi Peneliti yang Akan Datang
Dapat menyediakan referensi atau informasi yang berguna bagi mahasiswi untuk perkembangan pengetahuan mengenai BBLR.










DAFTAR PUSTAKA

·         Astuti,Melly.2007. Karya Tulis Ilmiah Akademi Kebidanan Budi Mulia Palembang
·         Blogjoeharno.blogspot.com./2008/os/berat-badan-lahir-rendah-bblr.htm. Diakses 6 Maret 2010
·         Dinkes Kota Palembang. 2010. Berat Badan Lahir Rendah BBLR.html Diakses 6 Maret 2010
·         Hartono,P.Sutanto,dkk.2006. Berat Badan Lahir Rendah BBLR.html Diakses 6 Maret 2010
·         IDAI.2004. Bayi Berat Badan Ikahir Rendah dalam Standar Layanan Medis Kesehatan Anak: Edisi 1 Jakarta.
·         htt p:/ /i dai.os.id Israr. Yayan Akyar.2008. Ilmu Kesehatan Anak Berat Badan Lahir Rendah., Diakses tanggal 2 Maret 2010
·         Kuliah Kebidanan.2008.Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR). (http://www.kuliah kebidanan.com, diakses 3 Maret 2010).
·         Manuaba. Ida, Bagus Gde.2007. Pengantar Buku Obstetri. EGC : Jakarta
·         Notoatmodjo,S.2005.Metodologi Penelitian Kesehatan. Reneka Cipta : Jakarta
·         Purwanto.E.R.2009.Sebab dan Konsekuensi BBLR. (http://www.google.com diakses 06 Maret 2010).
·         Prawirohardjo, Sarwono.2006.Ilmu Kebidanan. Yayasan Bina Pustaka. Jakarta
·         Rahayu, Sri.2008. Karya Tulis Ilmiah. Akademi Kebidanan Budi Mulia Palembang.
·         Record, Medical. 2009. Berat Badan Lahir Rendah BBLR.html Diakses 6 April 2010
·         RI, Depkes. 2005. Berat Badan Lahir Rendah BBLR.html Diakses 6 Maret 2010













BIODATA PEREVISI

Nama             : MASYITA ARSYAD
Kelas              : XII IPA 1
NIS                 : 086274
Sekolah         : SMA Negeri 12 Makassar
Alamat            : JL. Manggala raya No. 215/193 blok 8 Perumnas Antang
Cita-cita         : Menjadi seorang ilmu matematika yang bisa menjadikan
matematika sebagai pelajaran yang favorit bagi siswa.
Motto              : If there is a will there is a way.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar